Social Icons

Pages

Sabtu, 23 Juni 2012

KEHIDUPAN ALA PESANTREN


   NAH DISILAH KEHIDUPAN SANTRI.
Dalam belajar di pesantren itu memang menyenangkan, hal itulah yang terkesan dalam kehidupan sehari-hari para santri di Pondok Pesantren ych sepetri anee lah., contoh nych,,?? Agax sombong dikit lah gx pa-pa,,,hehe. Karna Pesantren anee merupakan pesantren ndeso,, ych itu cih kata anak-anak kota, apa lagi kalo pesantren nych seperti punych ane,,,, deso bangetz,, gx kayk pesantren kota yng lain nych,, Para santrinya pun sangat sederhana kehidupan nych, makan seadanya, tidur beralas tikar ych itupun lox gx udah keduluan temn nych,, lox yng gx kebagian ych tdur di lantai yng gx da tikar nych,, pakaian jugx yng pling mahal tuh,, mereka merk pasar kaki lima,,,hehehe
Tapi yang anee lihat sih gx ada raut kesedihan atas kehidupan sederhana mereka, dengan senyum mereka lewati hari-hari dipesantren. Rutinitas mereka hanya belajar adja gx da yng lain,nah lox dah waktu nych jam 24:00 tuh dah pada di bangunin biasa,, sholat tahajut, hajat, witir, ma sholat taubat,, tu biiyasa nych adja bnyak yng gx,, ikut pdhl udh di bngunin ma pengurus-pengurus nych,, ych ada yng sembunyi dah yng nongkrong dulu di wc,, aaah pokok nych aneh-aneh yng piting gx ikut kgiatan,,,  Nah bis itu msih ada waktu tdur 2 jam lah wat tdur,, bi situ jam 4:30 di bngunin lgi dehhh,, sholat subuh berjama’ah  kcian nych,,bis shlat selesai,, ngaji kitab kuning ikhya’ ulumiddin,, dan jam 6:00 santri pda mulai mesak,, lah nah setelah itu,, bru deh mandi,,tuk siap-siap berngkat sekolah, tpi sayng mau mndi adja antriiii nych minta’ ampun,, pdhal sih stu kmr mandi udah,, di isi orang 2 atau 3 mandi nych,,, hehe (pa gx malu tuh,,,?)  12.00 sholat dhuhur berjam’ah nah bis ini bru sntri bias tdur siang,, tpi cmu 2 jam soalnych jam 14:30 santri-santri harus siap-sia berngkat diniyyah,, tau gx nih nama nych diniah,,?? Setelah itu santri istirahat 16.00 sholat Ashar berjamaah, ych lox bis ini sih,, pasti deh ngaji lagi,, nah ni ngji nych tadarusan,, lox gx ych baca AL-Qur’an ma asyadid-asyadid nych masing-masing,, Nah sebelum sholat mahrib tuh santri pada mandi dulu,, setlah mndi bri deh,,  pukul 18.00 jama’ah sholat Magrib, malamnya habis magrib ngajiiii kitab kuning lgi,, sholat Isya tiba, setelah itu jama’ah sholat Isya dan dan persiapan untuk mengikuti pengajian AL-Qur’an sampai pukul 21.30 setelah itulah santri biasa istirahat tenang ada tpi biasa nych tuh santri-santri suruh tdur istirahat pada gx da yng mau,, ych biasa lah da yng ngoblor da yng lagi plepoook dan jugx da yng masaak,, tpi ada pula yang langsung tidur nah ini lah kebiasa’an sehari-hari santri TRI BHAKTI AT-TAQWA…
 Nah ini lah Santri itu……
hihihik
Hobbynya                : Mengaji & Ngerumpi
Kerjaannya               : Pokoknya Serba NGANTRI
Surganya                  : Pas Libur Ngaji
Nerakanya                : Pas Kena sangsi
Bahagianya               : Pas bisa ngaji sama ketemu pujaan hati
Kalo Gak Ngaji         : Ya Tidur Lagi
Gak punya pacar       : Tak merasa rugi
Gak punya motor      : Ya jalan Kaki
Paling anti ama          : Diskriminasi
Titelnya                    : Calon Kiyai
Mottonya                 : SAMI’NA WA ‘ATOHNA ILA KIYAI

Nah ini yng jarng da di kehidupan di masyarakat yang psti berbda bnget ma alasantri,, yang menyenangkan dari kehidupan para santri sikap kekeluargaan mereka.,, Teman se-pesantren bagi mereka adalah keluarga besar. Karena keadaan mereka jauh dari rumah maka teman yang saat ini paling dekat,,. Jika ada yang sakit maka teman sekamar yang mengurusnya,,, saat kehabisan bekal atau uang biasa  pinjam teman yang punya,, hehe,,, saat ada makanan mereka maka bersama-sama,, he tpi jngan slah loh,, nih mkn nych  gx ada yng pake’ piring,, semua di taruh di daun pisang,,, biar rame makan nych,,, and saat ada masalah merekah saling curhat untuk saling memberi solusi. Nah ini yng di sukai para santri-santri,, pa lgi curhat masalah cewek,, wah gx da habis nych poko’ nych,,, Di pesantren inilah mereka belajar hidup mandiri dan bermasyarakat. Mereka harus pintar-pintar mengatur waktu jadwal belajar, mencuci baju sendiri, mengelola keuangan kiriman dari rumah dengan hati-hati. Bermasyarakat, karena mereka hidup dengan banyak orang, belajar memahami dan mengerti orang lain.
Nah Jika dilihat cara hidup anak-anak muda zaman sekarang para santri Pesantren ini memang “tidak gaul”, tidak ada yang menyemir rambut warna-warni, tidak ada yang bertato, Mereka hidup adja penuh peraturan, dikurung oleh pagar tidak bisa bebas keluar masuk, tidak pakai HP,,tpi lox yng stu ini masih bnyck yng bawa,, hehe biasa nak bndell,,,  model pakaiannya adja gx boleh pakek kaos,, lox kluar hrus pake’ peci, baju koko, sarung, kalau punya celana jeans pun merk pasar kaki lima.hehe maklum nak pondok,,, wah lox ane cirita’in masalh lain nych msih,, bnych nih,,, gmna nih,,, ane kcih tau sanksi-sanksi adja nych yng tidak boleh di lnggar dlm pesantren,,, nih
·      Gx boleh bawa alat elektronik,, apapun bentuk nych,,, lox ketahuan,, yng pasti disita ma penggurus nych ,,, lox dah lebih tiga kali dia melanggar,, langsung adja,,, ustadz brng nych,, di bantiniiing,, wah kcian ych ortu nych,,,
·       Gx boleh berhubungan dengan sntri wati,,, hehe lox yng melanggar ych tergantung udh sampai mana tuh hubungan nych,,,hehe
·       Harus menjaga almamater pesantren,,, lox melanggar pasti nih,,, bias di boyong,,, alias di keluarkan,,,
·       Gx boleh mencuri,, dan ngosop hehe lox nih,, yng pasti sanksi nych dii gundul bi situ suruh bersih-bersih selokan purti,,, aduuuuh alangkah malu nych tuk anak,,
·       Tidak boleh keluar tanpa ada surat keteranggan dri keamanan atau dri pengurus lain nych,,, lox sanksi inih,,, keputusan pengurus nych,,,
·      Tidak boleh menonton yang ber bantuk hiburan,,, sanksi nych,,, di suruh kerja,, di pondok putrid,,, ych cma donk ma yng mencuri,,,
·       Wahhhh msih bnych tuh,,, sanksi-sanksi pelangaran nych,,,, tpi gini adja deh yng biasa nych cih loc gx ada di peraturan itu,, pasti,, kebijakan pengurus,,,
Di pesantren jelas ini bagi yang melanggar ajaran agama akan diberi sanksi, dari peringatan, ta’zir, pemanggilan orang tua, jika berat bisa dikeluarkan. Pesantren memang harapan negara ini, saat akhlak para remaja mulai pudar karena arus modernisasi dan globalisasi, maka pesantren dengan susah payah berusaha membangun akhlak para generasi. Naah gmna nih menurut kmu semua yng membaca,,, cocok gx lox seumpa nych anak kita nanti di masukin di pesantren,,, ???? gmnaaa,,,? Jangn lupa nych,,, kacih komentar nych,,,,??



by,,,: GHOFUR EL ULYA
                                                               

Senin, 18 Juni 2012

TUKER LINK






Hukum QORDH dan WAKALAH


BAB I
PENDAHULUAN


A.Latar Belakang.



Konsep Muamalah yang kafah dewasa ini telah bercampur aduk dengan konsep yang diadopsi dari luar islam, khususnya Negara-negara maju dan berkembang. Sedikit demi sedikit telah tersisihkan, bergeser, bahkan menghilang dari kancah masyarakat islam itu sendiri. Tak heran jika banyak pihak yang melakukan konfrontasi ke internal islam itu sendiri. Kondisi ini merupakan suatu keuntugan tersendiri bagi mereka.
Banyak praktek-praktek perbankan Negara Kapitalis yang mengatasnamakan syariah (mumalah) Islam. Khususnya Utang-piutang (Qardh). Riba dalam perbankan pun tak terhindarkan. Padahal dalam Islam tidak membenarkan adanya Riba dalam Utang-piutang.
Bertolak dari problematika itulah, pemakalah mencoba untuk menguraikan secara terperinci tentang konsep Utang-piutang yang benar dalam islam. Bertujuan agar Umat Islam (umumnya) dan pemakalah (khususnya) terjauhkan dari konsep (Riba) tersebut. Amin.

B. Rumusan Masalah
1. Apa Pengertian Qordh
2. Apa Dasar Hukum Qordh
3. Apa Rukun dan Syarat sahnya Qordh
4 Apa Pengertian Wakalah
5. Apa Dasar Hukum Wakalah
6. Apa Rukun dan Syarat Wakalah



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Qardh
Secara etimologi,Qordh  berati (potongan). Harta yang dibayarkan kepada muqtarid (yang diajak akad qarhd,sebab merupakan potongan dari harta muqrid (orang yang membayar).[1]
            Al-qord adalah pemberian harta kepada orang lain  yang dapat ditagih atau diminta kembali atau dengan kata lain meminjamkan tanpa mengharapkan imbalan.Dalam literature fiqih klasik,qordh dikategorikan dalam aqd tathowwui atau akad yang saling membantu dan bukan transaksi komersial.[2]
Sayyid Sabiq dalam buku fiqh Sunnah jilid 4 menyebutkan bahwa al-qardh adalah harta yang dipinjamkan seseorang kepada orang lain untuk dikembalikan setelah ia memiliki kemampuan.[3]
Pengertian qarad menurut istilah,antara lain dikemukakan oleh ulama hanafiyah:
Yang artinya:
“Sesuatu yang diberikan seseorang dari harta mitsil (yang memiliki perumpamaan)untuk memenuhi kebutuhannya.”
Artinya:
“Akad tertentu  dengan membayarkan harta mitsil kepada orang lain supaya membayar harta yang sama kepadanya.”
Memberikan utang ini merupakan salah satu bentuk dari rasa kasih sayang. Rasulullah menamakannya maniihah, karena orang yang meminjam memanfaatkannya kemudian mengembalikannya kepada pengutang.
Utang piutang adalah memberikan sesuatu kepada seseorang, dengan perjanjian dia akan membayar yang sama dengan itu. Misalnya mengutang uang Rp. 2000,00 akan dibayar Rp. 2000,00 pula.



B.     Dasar Hukum Qordh
Pada dasarnya hukum asal dari qardh al-hasan adalah tolong menolong antara orang yang mampu dengan orang yang tidak mampu, ataupun sesama orang yang mampu pun ada kemungkinan saling pinjam meminjam atau hutang menghutang. Akan tetapi tidak semua pinjam meminjam dibenarkan oleh syara’. Hukum al-qardh hasan itu bisa saja berubah- rubah sesuai dengan kondisi dan situasinya masing-masing, bisa jadi berubah menjadi wajib disebabkan orang yang meminjam sangat membutuhkannya.[4]
Adapun dasar hokum bolehnya transaksi dalam bentuk alqordh terdapat dalam dalil alquran dan sunnah Nabi Muhammad SAW.
a.       Al-Quran
Dasar-dasar hokum yang digunakan dalam pelaksanaan system ini adalah berdasarkan beberapa ayat-ayat dari al-qur’an. Diantaranya dalam firman Allah yang telah digambarkan secara umum mengenai pinjam meminjam,yang terdapat dalam surat al-maidah ayat 2 :
Artinya
“Dan tolong menolonglah kamu dalam berbuat kebaikan dan taqwa dan janganlah kamu menolong untuk berbuat dosa dan permusuhan”(Qs.Al-Maidah:2)
b.      Al-Hadis
Landasan Al-Qardh Al-Hasan dalam hadis Nabi di antaranya adalah yang diriwayatkan Ibnu Majah, Nabi bersabda: [5]
Artinya:
Dari Ibnu Mas’ud ra, bahwa Nabi SAW bersabda: “Tidaklah seorang muslim memberikan pinjaman kepada orang muslim lainnya sebanyak duakali pinjaman, melainkan layaknya ia telah menyedekahkan satu kali.”

Hadis di atas menjelaskan bahwa memberikan pinjaman kepada orang lain yang membutuhkan lebih utama daripada orang yang bersedekah. Allah akan lebih banyak melipat gandakan kepada orang yang meminjamkan hartanya di jalan Allah daripada orang yang bersedekah karena seseorang tidak akan meminjamkannya jika dia benar-benar membutuhkannya. Dan juga mengajarkan bahwa tolong menolong merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari ajaran islam untuk selalu memperhatikan sesama muslim dan memberikan pertolongan jika seseorang membutuhkannya, yaitu tolong menolong dalam kebaikan.
C.     Rukun Dan Syarat Sahnya Qordh
a.       Rukun Qordh:

1.      Harta(modal),baik berupa uang atau yang lainnya.Keadaan modal hendaklah diketahui banyaknya.
2.      Pekerjaan yaitu berdagang dan lain-lainnya yang berhubungan dengan urusan oerdagangan tersebut.Barang yang hendak diperdagangkan begitu juga tempat hendaknya tidak ditentukan,hanya diserahkan saja kepada pekerja:barang apa dan ditempat manapun bisa,asal menurutpandangannya ada harapan untuk mendapatkan keuntungan.
3.      Keuntungan.Banyaknya keuntungan untuk bekerja hendaklah ditentukan suatu akad,misalnya seperdua atau sepertiga dari jumlah keuntungan.
4.      Yang punya modal dan yang (bekerja).Keduanya hendaklah orang berakal dan sudah baligh(berumur 15 tahun) dan bukan orang yang dipaksa.[6]

b.      Syarat Sahnya Qordh:
1.      Qardh atau barang yang dipinjamkan harus barang yang memiliki manfaat, tidak sah jika tidak ada.
2.      kemungkinan pemanfaatan karena qardh adalah akad terhadap harta. Akad qardh tidak dapat terlaksana kecuali dengan ijab dan qobul seperti halnya dalam jual beli.
  
D.     Pengertian Wakalah
Wakalah (mewakilkan ) ialah seseorang menyerahkan pada orang lain melakukan sesuatu yang boleh ia sendiri mengerjakanya dan boleh pula berganti-ganti mengerjakannya supaya dikerjakan pada waktu hidupnya.
            Mewakilkan sesuatu pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri itu dianggap sah menurut syara’.Seperti jual beli,kawin,thalaq,member,menggadai dan lain-lain yang berhubungan dengan muamalat.Mewakilkan sesuatu yang berkaiatan dengan ibadat,ada sebagian pekerjaan yang diperbolehkan dan ada sebagian yang tidak diperbolehkan menurut syara’.ibadat yang tidak sah diwakilkan kepada orang lain,contoh,seperti sholat,puasa dan hal-hal yang besangkut paut dengan itu seperti berwudlu,dan lain sebagainya.Sebab ibadat adalah berhubungan manusia dengan tuhannya.Ibadat yang diwakilkan kepada orang lain seperti ibadat haji,umroh,membagi zakat dan menyembelih binatang kurban dan lain sebagainya.[7]

           
Wakalah itu berarti perlindungan(al-hifzh), pencukupan(al-kifayah), tanggungan (al-dhamman) atau pendelegasian (al-tafwidh), yang di artikan juga dengan memberikan kuasa atau mewakilkan. Diantara contohnya dapat dilihat dalam firman Allah dalam surat ai-imran ayat 173. Yang berbunyi ;”cukuplah allah sebagai penolong kami danallah adalah sebaik-baik penolong “.
            Atau dalam firmanya dalam surat al-syiura ayat 6 yang berbunyi:
Dan orang-orang yangmengambil pelindung-pelindung selain Allah,Allah mengawasi perbuatan mereka: dan kamu (ya Muhammad) bukanlah orang-orang yang diserahi mengawasi mereka”.
            Adapun pengertian wakalah menurut istilah,para ulama merumuskannya dengan redaksi yang bervarias.Hasbi ash siddiqi mengatakan bahwa wakalah adalah”akad penyerahan kekuasaan,yang pada akad itu seseorang menunjuk orang lain sebagai penggantinya dalam bertindak (bertasharruf)”sayyid sabiq mengatakan bahwa wakalah adalah pelimpahan kekuasaan oleh seseorang kepada orang lain dalam hal-hal yang boleh  di wakilkan.[8]






E.      Dasar Hukum Wakalah
Pada dasarnya hukum wakalah adalah mubah ,akan tetapi bisa jadi haram kalau yang dikuasakan itu pekerjaan haram dan menjadi wajib kalau terpaksa dan makruh bila pekerjaan itu makruh.[9]
Dasar hukum al wakalah adalah firman allah swt:

Artinya;
“maka suruhlah seorang di antara kamupergi kekota dengan membawa uang perakmu         ini”(al- kahfi 19)
             Rasulullah Saw bersabda:
            “Dari jabir r.aberkata: Aku keluar pergi ke khaibar,lalu aku dating kepada Rosulullah Saw.Maka beliau bersabda,”Bila engkau dating pada wakilku di Khaibar,maka ambillah darinya 15 wasaq”(Riwayat Abu Dawud).
            “Dari jabir r.a bahwa nabi saw,menytembelih kurban sebanyak 63 ekor hewan dan Ali r.a.disuruh menyembelih binatang kurban yang belum disembelih (Riwayat Muslim).
            “Sesungguhnya nabi saw mewakilkan kepada Abu Rafi’ dan seorang lagi dari kaum ansor lalu kemudian menikahkan nabi dengan maimunah r.a.

            “










F.      Rukun Wakalah
Rukun Wakalah terdiri atas:

1.      Ijab dari muwakkil (Orang yang mewakilkan)
2.      Qobul dari wakil (yang mewakili)
3.      Muwakil fih (sesuatu yang di wakilkan),urusan atau hal-hal yang dikuasakan oleh yang memberi wewenang kepada yang diberi wewenang.

G.     Syarat Wakalah
1.      Seorang muwakkil
disyaratkan harus memiliki otoritas penuh atas suatu pekerjaan yang akan di delegasikan kepada orang lain.Dengan alasan,orang yang tidak memiliki otoritas sebuah transaksi,tidak bisa memindahkan senuah otoritas tersebut kepada orang lain. Akad wakalah tidak bisa dijalankan oleh orang yang tidak memiliki ahlyah,seperti orang gila,anak kecil yang belum tamyiz. Ulama fiqh selain madzhab Hanafiyyah menyatakan,akad wakalah tidak bisa dijalankan oleh anak kecil secara mutlaq.
2.      Seorang wakil
disyaratkan haruslah orang yang berakal dan tamyiz. Anak kecil,orang gila,anak belum tamyiz,tidak boleh menjadi wakil,ini menurut pendapat hanafyah.ulama selain hanafyah pun menyatakan yang sedemikian,dengan alasan anak kecil belum bisa terbebani dengan hokum-hukum syar’i.segala tindakan belum bisa \diakui.
3.      Objek yang diwakilkan (mahal al wakalah)
harus memenuhi beberapa syarat,objek tersebut harus diketahui oleh wakil,wakil mengetahui secara jelas apa yang harus dikerjakan dengan spesifikasi yang di inginkan,sesuatu yang diwakilkan itu harus diperbolehkan oleh syar’i.Tidak boleh mewakilkan sesuatu yang diharamkan,seperti mencuri,merampok dan lain-lain.Objek tersebut memang bisa diwakilkan dan di delegasikan(diwakilkan) kepada orang lain,separti akadjual beli,ijarah dah lain-lain.[10]



BAB III
PENUTUP
A.     KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa:
1.      Pengertian Qordh secara bahasa yaitu potongan,dan secara syara’ adalah pemberian harta kepada orang lain  yang dapat ditagih atau diminta kembali atau dengan kata lain meminjamkan tanpa mengharapkan imbalan.Dalam literature fiqih klasik,qordh dikategorikan dalam aqd tathowwui atau akad yang saling membantu dan bukan transaksi komersial.dan dasar Hukum qordh ini adalah Al-qur’an dan Al-hadits.Adapun rukun qordh dan syaratnya disebutkan dimuka.
2.      Pengertian Wakalah) ialah seseorang menyerahkan pada orang lain melakukan sesuatu yang boleh ia sendiri mengerjakanya dan boleh pula berganti-ganti mengerjakannya supaya dikerjakan pada waktu hidupnya. Dasar hukum al wakalah adalah firman allah swt surat al-kahfi ayat 19. Dan rukun al-wakalah ada orang yang mewakilkan,yang mewakili dan ada sesuatu yang diwakilkan,dan syaratnya seorang muwakkil,wakil dan obyek yang diwakilkan.


[1] Rachamat Syafe’I,”fiqih muamalah”,Bandung,Pustaka Setia,2001,hlm.151
[2] Muhammad Syafi’I Antonio,”Bank Syari’ah”,Jakarta,Gema Insani Press,2001,hlm.131
[3] Sayyid sabiq,fiqih sunnah jilid 4,Jakarta,pena aksara,2004,hlm.181
[4] Ibrahim Lubis,Ekonomi Islam suatu pengantar 11,Jakarta,kalam mulia,1995,hlm.360
[5] Imam Ibnu Majjah,Sunan Ibnu Majjah,Barut Libanon,Dar Al-kutubi Al-ilmiah,hlm.249
[6] Rasjid Sulaiman,”Fiqh Islam”,Bandung,Sinar baru algensindo,2010.hlm.299
[7] Moh.Rifa’I,Ilmu fiqih IslamLengkap,Semarang,PT karya Toha Putra semarang,hlm.431
[8] Helmi Karim,Fiqih Muamalah,Jakarta,PT Raja Grafindo Persada,1997,hlm.20
[9] Hendi Suhendi,Fiqih Muamalah,Jakarta,PT Raja Grafindo Persada,2002,hlm.233-234
[10] Dimyauddin Djuwaini,Fiqih Muamalah,Yogyakarta,Pustaka Pelajar,2008,hlm.241-242
 
Blogger Templates