Sabtu, 23 Juni 2012

KEHIDUPAN ALA PESANTREN


   NAH DISILAH KEHIDUPAN SANTRI.
Dalam belajar di pesantren itu memang menyenangkan, hal itulah yang terkesan dalam kehidupan sehari-hari para santri di Pondok Pesantren ych sepetri anee lah., contoh nych,,?? Agax sombong dikit lah gx pa-pa,,,hehe. Karna Pesantren anee merupakan pesantren ndeso,, ych itu cih kata anak-anak kota, apa lagi kalo pesantren nych seperti punych ane,,,, deso bangetz,, gx kayk pesantren kota yng lain nych,, Para santrinya pun sangat sederhana kehidupan nych, makan seadanya, tidur beralas tikar ych itupun lox gx udah keduluan temn nych,, lox yng gx kebagian ych tdur di lantai yng gx da tikar nych,, pakaian jugx yng pling mahal tuh,, mereka merk pasar kaki lima,,,hehehe
Tapi yang anee lihat sih gx ada raut kesedihan atas kehidupan sederhana mereka, dengan senyum mereka lewati hari-hari dipesantren. Rutinitas mereka hanya belajar adja gx da yng lain,nah lox dah waktu nych jam 24:00 tuh dah pada di bangunin biasa,, sholat tahajut, hajat, witir, ma sholat taubat,, tu biiyasa nych adja bnyak yng gx,, ikut pdhl udh di bngunin ma pengurus-pengurus nych,, ych ada yng sembunyi dah yng nongkrong dulu di wc,, aaah pokok nych aneh-aneh yng piting gx ikut kgiatan,,,  Nah bis itu msih ada waktu tdur 2 jam lah wat tdur,, bi situ jam 4:30 di bngunin lgi dehhh,, sholat subuh berjama’ah  kcian nych,,bis shlat selesai,, ngaji kitab kuning ikhya’ ulumiddin,, dan jam 6:00 santri pda mulai mesak,, lah nah setelah itu,, bru deh mandi,,tuk siap-siap berngkat sekolah, tpi sayng mau mndi adja antriiii nych minta’ ampun,, pdhal sih stu kmr mandi udah,, di isi orang 2 atau 3 mandi nych,,, hehe (pa gx malu tuh,,,?)  12.00 sholat dhuhur berjam’ah nah bis ini bru sntri bias tdur siang,, tpi cmu 2 jam soalnych jam 14:30 santri-santri harus siap-sia berngkat diniyyah,, tau gx nih nama nych diniah,,?? Setelah itu santri istirahat 16.00 sholat Ashar berjamaah, ych lox bis ini sih,, pasti deh ngaji lagi,, nah ni ngji nych tadarusan,, lox gx ych baca AL-Qur’an ma asyadid-asyadid nych masing-masing,, Nah sebelum sholat mahrib tuh santri pada mandi dulu,, setlah mndi bri deh,,  pukul 18.00 jama’ah sholat Magrib, malamnya habis magrib ngajiiii kitab kuning lgi,, sholat Isya tiba, setelah itu jama’ah sholat Isya dan dan persiapan untuk mengikuti pengajian AL-Qur’an sampai pukul 21.30 setelah itulah santri biasa istirahat tenang ada tpi biasa nych tuh santri-santri suruh tdur istirahat pada gx da yng mau,, ych biasa lah da yng ngoblor da yng lagi plepoook dan jugx da yng masaak,, tpi ada pula yang langsung tidur nah ini lah kebiasa’an sehari-hari santri TRI BHAKTI AT-TAQWA…
 Nah ini lah Santri itu……
hihihik
Hobbynya                : Mengaji & Ngerumpi
Kerjaannya               : Pokoknya Serba NGANTRI
Surganya                  : Pas Libur Ngaji
Nerakanya                : Pas Kena sangsi
Bahagianya               : Pas bisa ngaji sama ketemu pujaan hati
Kalo Gak Ngaji         : Ya Tidur Lagi
Gak punya pacar       : Tak merasa rugi
Gak punya motor      : Ya jalan Kaki
Paling anti ama          : Diskriminasi
Titelnya                    : Calon Kiyai
Mottonya                 : SAMI’NA WA ‘ATOHNA ILA KIYAI

Nah ini yng jarng da di kehidupan di masyarakat yang psti berbda bnget ma alasantri,, yang menyenangkan dari kehidupan para santri sikap kekeluargaan mereka.,, Teman se-pesantren bagi mereka adalah keluarga besar. Karena keadaan mereka jauh dari rumah maka teman yang saat ini paling dekat,,. Jika ada yang sakit maka teman sekamar yang mengurusnya,,, saat kehabisan bekal atau uang biasa  pinjam teman yang punya,, hehe,,, saat ada makanan mereka maka bersama-sama,, he tpi jngan slah loh,, nih mkn nych  gx ada yng pake’ piring,, semua di taruh di daun pisang,,, biar rame makan nych,,, and saat ada masalah merekah saling curhat untuk saling memberi solusi. Nah ini yng di sukai para santri-santri,, pa lgi curhat masalah cewek,, wah gx da habis nych poko’ nych,,, Di pesantren inilah mereka belajar hidup mandiri dan bermasyarakat. Mereka harus pintar-pintar mengatur waktu jadwal belajar, mencuci baju sendiri, mengelola keuangan kiriman dari rumah dengan hati-hati. Bermasyarakat, karena mereka hidup dengan banyak orang, belajar memahami dan mengerti orang lain.
Nah Jika dilihat cara hidup anak-anak muda zaman sekarang para santri Pesantren ini memang “tidak gaul”, tidak ada yang menyemir rambut warna-warni, tidak ada yang bertato, Mereka hidup adja penuh peraturan, dikurung oleh pagar tidak bisa bebas keluar masuk, tidak pakai HP,,tpi lox yng stu ini masih bnyck yng bawa,, hehe biasa nak bndell,,,  model pakaiannya adja gx boleh pakek kaos,, lox kluar hrus pake’ peci, baju koko, sarung, kalau punya celana jeans pun merk pasar kaki lima.hehe maklum nak pondok,,, wah lox ane cirita’in masalh lain nych msih,, bnych nih,,, gmna nih,,, ane kcih tau sanksi-sanksi adja nych yng tidak boleh di lnggar dlm pesantren,,, nih
·      Gx boleh bawa alat elektronik,, apapun bentuk nych,,, lox ketahuan,, yng pasti disita ma penggurus nych ,,, lox dah lebih tiga kali dia melanggar,, langsung adja,,, ustadz brng nych,, di bantiniiing,, wah kcian ych ortu nych,,,
·       Gx boleh berhubungan dengan sntri wati,,, hehe lox yng melanggar ych tergantung udh sampai mana tuh hubungan nych,,,hehe
·       Harus menjaga almamater pesantren,,, lox melanggar pasti nih,,, bias di boyong,,, alias di keluarkan,,,
·       Gx boleh mencuri,, dan ngosop hehe lox nih,, yng pasti sanksi nych dii gundul bi situ suruh bersih-bersih selokan purti,,, aduuuuh alangkah malu nych tuk anak,,
·       Tidak boleh keluar tanpa ada surat keteranggan dri keamanan atau dri pengurus lain nych,,, lox sanksi inih,,, keputusan pengurus nych,,,
·      Tidak boleh menonton yang ber bantuk hiburan,,, sanksi nych,,, di suruh kerja,, di pondok putrid,,, ych cma donk ma yng mencuri,,,
·       Wahhhh msih bnych tuh,,, sanksi-sanksi pelangaran nych,,,, tpi gini adja deh yng biasa nych cih loc gx ada di peraturan itu,, pasti,, kebijakan pengurus,,,
Di pesantren jelas ini bagi yang melanggar ajaran agama akan diberi sanksi, dari peringatan, ta’zir, pemanggilan orang tua, jika berat bisa dikeluarkan. Pesantren memang harapan negara ini, saat akhlak para remaja mulai pudar karena arus modernisasi dan globalisasi, maka pesantren dengan susah payah berusaha membangun akhlak para generasi. Naah gmna nih menurut kmu semua yng membaca,,, cocok gx lox seumpa nych anak kita nanti di masukin di pesantren,,, ???? gmnaaa,,,? Jangn lupa nych,,, kacih komentar nych,,,,??



by,,,: GHOFUR EL ULYA
                                                               

3 komentar:

Ilham Nuralam mengatakan...

subhannalah, keren banget, inilah yang patut kita contoh dan perlu di perjuangkan, salam dari kami pondok pesantren nurul ilmi darunnajah 14.

Ilham Nuralam mengatakan...

jangan lupaa mampir ke situs kita yah, http//www.nurul-ilmi.com

hukum-hukum islam mengatakan...

ma'af gan bru bisa les,, oke gan pasti entr ane mamper kox

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger